SEDEKAH BUMI TAHUN 2024

  • May 29, 2024
  • TUNGGULSARI-TAYU

Tunggulsari, 29 Mei 2024 - Pemerintah Desa Tunggulsari Kec.Tayu - Kab. Pati melaksanakan acara Sedekah Bumi bersama dengan masyarakat lembaga desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Selasa 28 Mei 2024 kemarin. Dalam acara tersebut, hadir pula masyarakat desa tetangga seperti Jepat Kidul, jepat Lor dan Sendangrejo. Sedekah Bumi merupakan acara rutin tahunan yang mempunyai tujuan positif yaitu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan limpahannya. Sebagai wujud rasa syukur, dalam kegiatan Sedekah Bumi Pemerintah bersama Masyarakat melaksanakan Doa Bersama, mendoakan agar Bumi yang kita tempati memperoleh kemakmuran dan kebahagiaan.

Kepala Desa Tunggulsari, Setyo Wahyudi, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan tiap tahun. Untuk tahun ini ada tiga acara, pertama tahlil sekaligus khataman Al.quran di makam mbah murni (danyang), lalu doa bersama di Balai Desa dan yang terakhir nanti hiburan Ketoprak tanggal 15 Juni 2024.

Masyarakat desa Tunggulsari, sangat antusias dalam mengikuti acara Sedekah Bumi. Hal ini dibuktikan, dengan banyaknya masyarakat yang hadir dalam rangkaian kegiatan Sedekah Bumi, baik kegiatan ritual keagamaan maupun hiburan. Seakan - akan sudah menjadi tradisi masyarakat untuk mencari berkah dalam kegiatan Sedekah Bumi.