Pelatihan Membatik Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Desa

  • Dec 26, 2022
  • TUNGGULSARI-TAYU

Tunggulsari, 26 Desember 2022 - Untuk memperkuat perekonomian masyarakat desa Tunggulsari, Pemerintah Desa melaksanakan program pemberdayaan masyarakat yaitu pelatihan membatik untuk Ibu - Ibu yang ada di Desa Tanggal 7 desember lalu. Pelatiahan ini di ikuti 14 anggota dari beberapa unsur perempuan, dan dibimbing langsung oleh pelatih ternama dari BLK Kabupaten Pati yaitu Bapak Puryanto.

Pelatihan ini termasuk dari tindak lanjut pelatihan sebelumnya pada tahun 2021 yang juga untuk kelompok batik puspita sari. Hasil karya, atau produk dari kelompok batik ini sudah beredar di pasar lokal dan telah menghasilkan pemasukan yang lumayan bagi kelompok. Karena Pemerintah Desa menganggap Ibu-Ibu kelompok batik ini berpotensi untuk meningkatkat perekonomian Desa, maka premerintah Desa mempunyai inisiatif untuk melanjutkan program-program seperti ini agar bisa menjadikan Desa Tunggulsari sebagai Desa mandiri.

Menurut Kepala Desa, Setyo Wahyudi, S.E beliau mengatakan bahwa ada beberapa kelompok masyarakat di Desa Tunggulsari yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian, " kami selaku pemerintah desa akan melalukan segala cara untuk memberdayakan masyarakat kami secara baik. tidak hanya batik saja, kelompok seni karawitan juga kami anggarkan." Pungkasnya.