KELAS BALITA BULAN SEPTEMBER DESA TUNGGULSARI TAYU

Senin, 11 September 2021 bertempat di rumah bapak kepala Desa Tunggulsari pukul 09.00 WIB dilaksanakan kelas balita yang dihadiri dari pihak puskesmas Tayu I, Ibu bidan Sumiati dan Ibu Bidan Desa Sri Wahyuni. Kegiatan kelas balita kali ini menjelaskan cara memijat balita yang benar.

Selain cara memijat balita yang benar pertemuan kali ini juga menerangkan berbagai macam cacing yang sering menyerang anak-anak antara lain :

  • Cacing pita
    Apabila si Kecil terinfeksi cacing pita, dia bisa menunjukkan gejala-gejala mual, lemah, lemas, sakit perut, nafsu makan hilang, dan penurunan berat badan. Infeksi cacing pita dianggap berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan organ dan jaringan.
  • Cacing tambang
    Cacing tambang melekat di usus penderita dan kemudian mengisap darah. Cacing ini bisa masuk melalui kulit kaki dan menginfeksi bagian-bagian organ dalam tubuh seperti paru dan jantung. Tidak jarang, cacing tambang menyebabkan anemia sehingga daya tahan tubuh dan kecerdasan menurun. Gejala lainnya adalah nyeri perut, diare, demam, mual, anemia, tidak nafsu makan, gatal-gatal (terjadi saat cacing pertama kali masuk ke kulit) dan feses berdarah.
  • Cacing kremi
    Jenis cacing ini paling sering menyerang anak-anak yang suka bermain tanah. Risiko terserang cacing kremi juga meningkat apabila si Kecil jarang mencuci tangannya. Telur cacing kremi berpotensi menempel pada jari tangan si Kecil lalu masuk ke dalam mulut. Telur tersebut akan menetas di usus kecil dan cacingnya masuk ke usus besar. Di usus besar, cacing kremi akan menempel dan mengambil nutrisi makanan.
    Ciri-ciri anak cacingan jenis cacing kremi adalah gatal terus-menerus di sekitar anus karena cacing kremi dewasa akan menuju ke anus untuk bertelur. Selain itu, si Kecil mungkin mengalami nyeri dan iritasi di sekitar anus, ada cacing di feses dan susah tidur.
  • Cacing gelang
    Penyakit cacing gelang menyebar melalui makanan dan minuman yang sebelumnya sudah terkontaminasi cacing gelang. Gejala seseorang terserang penyakit cacingan karena cacing gelang adalah sebagai berikut:
    • Cacing gelang keluar bersama dengan feses
    • Batuk-batuk karena cacing gelang masuk ke paru-paru
    • Nyeri perut
    • Mual dan muntah
    • Berat badan turun
    • Kelesuan
Tips Mencegah Penyakit Cacingan
  1. Cuci tangan secara teratur, terutama setelah buang air, mengganti popok bayi, sebelum memasak, dan sebelum makan.
  2. Simpan daging mentah dan ikan dengan baik, kemudian masak hingga matang.
  3. Cuci buah dan sayur dengan benar sebelum dikonsumsi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan