BANTUAN DLH KABUPATEN PATI UNTUK PENINGKATAN SARPRAS PENGELOLAAN SAMPAH DESA TUNGGULSARI

Penanganan pengendalian sampah, mendapatkan perhatian yang serius dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati.  Desa Tunggulsari dengan perencanaan program penanganan sampah telah mendapatkan beberapa kali bantuan fasilitas sarana dan prasarana dari DLH Kabupaten Pati.  Di akhir tahun 2020 lalu, Pemdes Tunggulsari telah mendapatkan bantuan berupa Kendaraan roda tiga untuk operasional penanganan sampah di wilayah Desa Tunggulsari, yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pati Bapak Ir. Purwadi MM.

Selanjutnya di tahun 2021 bulan Agustus Pemdes Tunggulsari kembali menerima bantuan berupa landasan container tempat penampungan sampah dari DPUTR Kab. Pati, dan satu paket bantuan berupa penambahan kendaraan roda tiga untuk memaksimalkan operasional pengangkutan sampah, dan infrastruktur berupa rumah pilah sampah dari DLH Kab. Pati yang sedang dalam proses penimbunan.

Seiring dengan program  Pemdes Tunggulsari, program bantuan ini sangat membantu dalam percepatan program penanganan sampah dengan target Pengelolaan Sampah TPS 3R yang diharapkan bisa teralisasi tahun 2022.  Sehingga tahap dalam proses penanganan sampah, sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Yakni membangun kepedulian sampah dan lingkungan bagi masyarakat (pengumpulan sampah),  memberikan wawasan kepada masyarakat tentang sampah yang mempunyai ekonomis (pemilahan sampah), dan selanjutnya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai tehnis pengelolaan sampah yang nilai ekonomisnya bisa dirasakan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian (TPS 3R dan Bank Sampah).

Pemdes Tunggulsari mengharapkan tahap diatas bisa dilewati dengan baik agar program penanganan sampah dari DLH Kab Pati ini bisa berkelanjutan dan masyarakat siap menyambut dan memanfaatkan dengan maksimal sarana dan prasarana dari program tersebut agar berdaya guna dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Tunggulsari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan