SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH DARI PUSKESMAS TAYU I

Senin, 09 Agustus 2021 bertempat di rumah bapak Kepala Desa Tunggulsari kecamatan Tayu Kabupaten Pati pukul 09.00 WIB dilaksanakan sosialisasi sampah dari Puskesmas Tayu I . Sosialisasi ini dimulai dengan pembukaan  kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari bapak kepala Desa setelah itu pengisian materi dari pihak Puskesmas ibu Endang memberikan sosialisi tentang sampah organik dan an organik, warga diharapkan langsung dapat membedakan dan memisahkan mana yang merukan sampah organik dan non organik, ibu Endang menjelaskan sampah non organik terdiri dari plastik dan kertas sedangkan sampah organik selain dari sampah plastik dan kertas. ibu Endang juga menjelaskan tentang STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) :

  1. Sumber air minum bersih dengan ciri-ciri tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna.
  2. Pengelolaan jamban keluarga
  3. CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dengan air mengalir
  4. SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah
  5. Pengelolaan sampah rumah tangga

Menurut ibu Heni Nova CTPS waktunya minimal 20 detik dengan cara tepung sela ciput (telapak tangan, punggung tangan, sela jari, kunci, diputar. Kita juga harus menjaga 6 M yaitu : memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama. Ibu Heni Nova juga menerangkan tentang tata cara isolasi mandiri dirumah antara lain :

  1. Pasien dan anggota keluarga lain selalu memakai masker. Masker dibuang pada tempat pembuangan yang tertutup atau diberi plastik warna kuning untuk membedakan dengan sampah lainnya.
  2. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, batasi bertemu dengan keluarga atau jaga jarak 1-2 meter.
  3. Memisahkan alat makan dan mengurangi penggunaan barang bersama.
  4. Apabila kamar mandi terpaksa digunakan secara bersama, pastikan menyiram dengan sabun atau cairan pembersih setelah digunakan, beri jarak minimal 30 menit saat keluarga lain akan menggunakan kamar mandi.
  5. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer dan lakukan olahraga bila mampu. saat batuk/bersin terapkan etika batuk.
  6. Usahakan berjemur setiap pagi 15-30 menit.
  7. Periksa suhu tubuh, tekanan darah dan saturasi oksigen secara berkala.
  8. Jika ada gejala, hubungi petugas kesehatan melalui telfon atau chat. dan ingat hanya konsumsi obat sesuai arahan dokter.
  9. Hubungi petugas kesehatan bila mengalami sesak nafas atau demam tinggi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan