SEDEKAH BUMI DESA TUNGGULSARI

Jum’at 18 Juni 2021 Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, mengadakan acara sedekah bumi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang dirasakan melalui hasil bumi.

Pelaksanaan sedekah bumi dimasa pandemi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sebelum masa pandemi covid-19, biasanya ada serangkaian acara yang begitu meriah tapi dikarenakan adanya pandemi covid -19 maka dari pemerintah desa cuma mengadakan doa bersama, dalam acara ini biasanya seluruh warga kumpul dibalai desa, masing-masing warga membawa ambengan tapi untuk tahun ini agar tidak memancing kerumunan maka doa bersama di balai desa cuma diwakili dari Pemerintah desa, Ketua RW beserta pengurusnya, Ketua RT beserta pengurusnya, BPD, Tokoh Masyarakat (Jamaah Masjid). Ambengan warga ditaruh di ketua RT masing-masing kemudian pengurus RT membawa ambengan tersebut ke balai desa setelah doa selesai ambengan tersebut ditukarkan dengan milik RT lain baru setelah itu dibawa pulang lagi untuk dikembalikan kepada warga.

Kepala Desa Tunggulsari, Setyo Wahyudi, SE mengatakan dengan adanya acara doa bersama ini akan memberikan keselamatan dan kesehatan terutama terhindar dari wabah virus covid-19.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan