PEMBINAAN PEMBENTUKAN POSBINDU PENYAKIT TIDAK MENULAR DESA TUNGGULSARI

Posbindu PTM adalah Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini penyakit seperti diabetes, darah tinggi dan tumor payudara. Pada hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB dibalai Desa Tunggulsari dilaksanakan Pembinaan Pembentukan Posbindu PTM.

Menurut Dokter Ida Dwi Winarni  penyakit diabetes gejalanya antara lain sering kencing, sering makan tapi tetap kurus maka dianjurkan untuk mengatur pola makan dan olahraga ringan. Sedangkan untuk penyakit darah tinggi kebanyakan berasal dari keturunan, maka bagi orang yang mempunyai keturunan penyakit darah tinggi mohon untuk berhati-hati. Bagi yang mempunyai penyakit darah tinggi dianjurkan untuk mengurangi rasa asin dan olahraga ringan sedangkan gejalanya darah tinggi seperti sering pusing.

 

Setelah Dokter Ida Dwi Winarni memberikan pengarahan maka dibentuklah anggota Posbindu PTM

Meja I = Bu Sariyati

Meja II = Bu Sela rita octaviany

Meja III = Bu Anik kismawati

Meja IV = Bu Rustinah

Meja V = Bu Bidan desa

Dengan dibentuknya Posbindu PTM tersebut diharapkan masyarakat Desa Tunggulsari sering ngecek kesehatannya supaya dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan